Tips Memilih Headset Laboratorium Bahasa

Posted by kushaeri wimpy 0 komentar
Headset adalah salah satu komponen penting dalam sebuah paket laboratorium bahasa. Kualitas audio baik headset dan mic sangat berpengaruh sekali terhadap kinerja peralatan laboratorium bahasa lainnya. Secara fisik, headset pula yang paling sering digunakan oleh siswa dibanding peralatan yang lain karena setiap pelajaran di ruang laboratorium bahasa, siswa harus terlebih dahulu memakai headset (dan kebanyakan sambil memutar-mutar pegangan mic-nya). Jika anda memesan sebuah paket lab bahasa, langkah pertama mintalah gambar brosur, spesifikasi teknis dan pastikan merek yang digunakan adalah merek yang benar-benar berkualitas.
Berikut beberapa tips memilih headset untuk paket lab bahasa anda :
1. Setelah anda mengetahui merk dan tipe yang ditawarkan oleh produsen lab bahasa yang anda pilih, anda bisa melakukan kroscek harga pasaran headset tersebut. Headset dengan merk Bufftech, Studry dan Royal adalah tipe headset dengan kualitas low end. Selain mutunya kurang bagus, headset jenis ini juga mudah rusak secara fisik (kabel putus, pegangan mic patah dll). Headset model medium diatas tipe tersebut, biasanya yg dipakai adalah merk-merk Clarion, Sony, Philips dan sebagainya. Secara kualitas suara dan kualitas fisik jelas berbeda.
Bufftech, Studry, Royal adalah jenis headset lowend dengan kisaran harga dibawah Rp. 50.000,-

2. Perhatikan spesifikasi teknis headset (mintalah brosur asli headset dan spesifikasi teknisnya kepada produsen lab bahasa yang anda percaya). Secara umum, mic headset terbagi 2 menurut jenisnya: Mic Condenser dan Mic Dynamic. Mic Condenser dibuat dari kumparan, sedangkan Mic Dynamic dibuat dari kapasitor sehingga mic condenser lebih sensitif daripada mic dynamic. Dengan sifat seperti itu, Headset dengan mic condenser lebih cocok dibuat untuk keperluan indoor (seperti lab bahasa), dan sebaliknya mic dynamic sangat cocok digunakan untuk outdoor. Penjelasan lebih lengkap tentang kedua mic ini bisa anda baca di wikipedia.

3. Perhatikan dengan detil tampilan fisik headset tersebut. Apakah menurut anda, ada bagian fisik dalam headset tersebut yang mudah rusak? bagian fisik yang mudah rusak biasanya adalah kabel dan pegangan mic. 2 hal ini adalah sesuatu yang sangat vital karena sering sekali ditarik-tarik dan digoyang-goyang oleh siswa yang menggunakan headset. Saran kami, carilah headset dengan kualitas pegangan (gagang) mic yang kokoh (terbuat dari plastik / lapisan besi yang kuat). Dan juga pastikan kabel headset yang digunakan adalah benar-benar bagus (tebal dan panjang, lebih disarankan lagi menggunakan kabel jenis ulir yang dapat ditarik secara fleksibel).

4. Perhatikan kenyamanan. Dari penampilan fisik, anda tentu sudah dapat membayangkan apakah headset tersebut jika dipakai oleh siswa akan sangat cukup nyaman atau tidak. Kenyamanan utama dari sebuah headset adalah model earphonenya. Biasanya semakin besar ukuran earphone-nya, akan semakin nyaman diletakkan di telinga. Hal ini sangat penting, karena begitu siswa merasa tidak nyaman, bisa jadi siswa semakin sering pakai-lepas headset tersebut yang bisa menyebabkan kerusakan fisik yang lain.

Semua kekurangan-kekurangan diatas juga menjadi rujukan bagi kami, sehingga per 2010 ini kami memakai jenis headset baru dengan kualitas bagus dengan tipe Wtech H1000/888. Perhatikan gambar dibawah sebagai berikut :
  Kualitas spoon untuk penutup telinga sangat halus sehingga memberikan kenyamanan kepada siswa. Selain itu, dengan ukuran yang hampir menutup semua bagian telinga, menjadikannya sebagai peredam yg baik. Spoon warna putih adalah headset Wtech H1000, sedangkan warna hitam adalah spoon headset lokal dengan kualitas kurang bagus.
Tangkai atau pegangan mic dari headset juga menggunakan bahan yang kokoh namun fleksibel, sehingga bila diputar-putar oleh siswa tidak mudah putus dan rusak. Begitu juga penutup mic yang terbuat dari bahan plastik kokoh sehingga tidak mudah rusak dan menghasilkan suara yg jernih (jenis mic condenser).
Tangkai headset juga terbuat dari plastik fleksibel yang juga kokoh. Tangkai ini bahkan dapat diputar hingga 180 derajat dan tidak patah karena fleksibel. Hedaset lokal tidak bisa sefleksibel ini dan mudah patah saat digunakan oleh siswa.
Headset Wtech H1000, juga telah menggunakan kabel jenis swivel atau model ulir sehingga mempunyai panjang yang fleksibel dan tidak mudah putus. Selain itu ukuran kabel juga lebih besar dengan pelindung yg kokoh menutup semua bagian kabel.
Headset WTech H1000/888 terbukti memiliki kualitas bagus baik dalam hal suara mic dan earphone, maupun kualitas bahan sehingga tidak mudah rusak. Headset model ini juga yang kebanyakan digunakan untuk lab bahasa jenis builtup seperti merk Panasonic, Sony, Tandberg dan sebagainya.

Sumber : winnertech.co.i
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tips Memilih Headset Laboratorium Bahasa
Ditulis oleh kushaeri wimpy
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://download-soal.blogspot.com/2012/08/tips-memilih-headset-laboratorium-bahasa.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Cara Buat Email Di Google | Copyright of DOWNLOAD SOAL UJIAN NASIONAL.

Teman Pembaca

Ikuti UN

Google+ Followers

VIP FOLLOWER