Tips Memilih Laboratorium Bahasa dengan Bijak

Posted by DOWNLOAD SOAL UJIAN NASIONAL 0 komentar
Laboratorium Bahasa belakangan ini sudah menjadi kebutuhan pokok untuk penunjang sarana pembelajaran baik di sekolah tingkat pertama, atas bahkan di Perguruan Tinggi, karena saat ini banyak vendor penyedia Laboratorium Bahasa maka kita dituntut untuk hati-hati dan bijak supaya kita dapat memilih Laboratorium Bahasa yang tepat dengan kebutuhan dan tujuan serta anggaran yang dialokasikan, sebelum menentukan untuk memutuskan sebaiknya kita survie dulu ke lembaga lain yang sudah memiliki perangkat Laboratorium Bahasa minimal 3 lembaga dengan perangkat yang berbeda jenis dan merknya...

Laboratorium Bahasa Manual adalah lab bahasa yang menggunakan perangkat elektronika tanpa microcontroller. Karena tanpa microcontroller, tentu saja lab bahasa jenis ini mempunyai fungsi pembelajaran yang standart. Lab jenis ini untuk pengoperasiannya sama sekali tidak terhubung dengan komputer, sehingga maintenance lab jenis ini sangat mudah dan murah. Karena sifatnya yang demikian, biasanya lab jenis ini banyak digunakan oleh sekolah setingkat SD atau SMP atau sekolah-sekolah yang ada di pelosok daerah dimana tingkat SDM guru dan teknisi lab tidak membutuhkan skill yang tinggi.

Lab Bahasa Digital adalah perangkat lab bahasa yang sudah menggunakan microcontroller untuk mengatur fungsi-fungsi lab bahasa. Karena menggunakan microcontroller yang diprogram melalaui software, tentu saja fungsi-fungsi lab yang dijalankan bisa lebihbanyak dan bervariasi dibanding lab bahasa manual. Lab jenis ini ada yang terhubung dengan software komputer dan ada juga yang tidak dihubungkan dengan komputer. Lab Bahasa WinnerTech model Digital yang harus terhubung dengan komputer adalah tipe WT01SE, WT02, WT03 dan WT04 Wireless. Sedangkan yang tidak harus terhubung dengan komputer adalah tipe dual console WT01DC. Adapun jika laboratorium bahasa yang terhubung dengan komputer tentunya juga mempunyai fungsi yang lebih banyak dibanding yang tidak menggunakan komputer. Beberapa fungsi yang hanya ada di lab bahasa digital yang terhubung dengan komputer adalah : dapat menyimpan database siswa dan kelas, dapat menyimpan data absensi dan nilai siswa, fungsi kamus, fungsi multimedia dan sebagainya.

Lab Bahasa Multimedia adalah perangkat laboratorium bahasa dimana fungsi-fungsi pembelajarannya 100% dikendalikan melalui software. Oleh karena itu, pada masing-masing client/siswa dan juga master harus terdapat sebuah komputer untuk mendukung fungsi tersebut. Lab bahasa jenis ini juga dapat digunakan sebagai lab komputer.

PLUS MINUS LAB BAHASA MANUAL
Perangkat sederhana, tidak memerlukan maintenance yang mahal.
Harga relatif murah.
Tidak memerlukan SDM dengan skill tinggi.

Fungsi lab standart, tidak terlalu banyak seperti fungsi digital.

PLUS MINUS LAB BAHASA DIGITAL
Mempunyai fungsi lab yang lebih kompleks dibanding lab manual.
Menggunakan komputer, sehingga fungsi-fungsi lab bisa lebih dikembangkan semaksimal mungkin (multimedia, kamus, dsb).
Terdapat fungsi database untuk menyimpan data siswa, nilai, kelas, guru, dan sebagainya.
Dapat dihubungkan dengan pembelajaran online.
Harga lebih mahal daripida lab manual.
Membutuhkan guru & teknisi lab dengan skill lebih tinggi daripada lab manual (minimal paham pengoperasian komputer)

PLUS MINUS LAB BAHASA MULTIMEDIA
Controlling 100% menggunakan software sehingga mempunyai fungsi lab yang lebih kompleks dibanding kedua jenis lab diatas.
Menggunakan komputer, sehingga fungsi-fungsi lab bisa lebih dikembangkan semaksimal mungkin (multimedia, kamus, dsb).
Terdapat fungsi database untuk menyimpan data siswa, nilai, kelas, guru, dan sebagainya.
Dapat dihubungkan dengan pembelajaran online.
Dapat digunakan juga untuk lab komputer.
Harga paling mahal.
Membutuhkan guru & teknisi lab dengan skill tinggi untuk maintenance jaringan komputer.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tips Memilih Laboratorium Bahasa dengan Bijak
Ditulis oleh DOWNLOAD SOAL UJIAN NASIONAL
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://download-soal.blogspot.com/2012/08/tips-memilih-laboratorium-bahasa-dengan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Cara Buat Email Di Google | Copyright of DOWNLOAD SOAL UJIAN NASIONAL.

Teman Pembaca

Ikuti UN

VIP FOLLOWER